Satisfaction Stupid

Pernah dengar perusahaan yang tidak memberikan service pada konsumennya ? Perusahaan apa saja, cobalah ingat apakah perusahaan itu tidak emmberikan layanan yang dinamakan SERVICE. Saya kira kita tidak akan pernah mendengar hal tersebut saat ini, baik itu perusahaan yang membidik konsumen yang nice sekalipun ataupun abang tukang bakso yang berjualan saban hari di waktu siang dan sore. Mengapa demikian ? hal ini terjadi karena service adalah sesuatu yang sudah seharusnya ada pada perusahaan, istilah kerennya, service adalah komoditi dalam sebuah perusahaan.
Cukupkah hanya sebatas Service ? dulu iya, ketika persaingan sudah mulai berperang di dalam benak konsumen, dimana satu perusahaan dengan perusahaan yang lain mulai merumuskan strategi-strategi kreatif dan hebat, dimana pertempuran mulai diarahkan ke dalam pikiran konsumen seperti yang dikatakan Al Ries “perang pemasaran sebenarnya terletak di benak konsumen”, service adalah hal utama yang harus mendukung peperangan ini. Tetapi ketika sudah terlalu banyak informasi yang datang menghampiri konsumen, ribuan iklan yang berjejal setiap hari, ribuan spanduk, poster terbentang dari kutub utara sampai kutub selatan dan ribuan macam service kreatif dan hebat yang ditawarkan produsen, cukupkah service ? Kembali lagi pada tulisan awal, TIDAK. Semua sudah melakukan service dengan baik, service is only commodity now, without satisfaction, perjumpaan perusahaan anda dengan ‘kuburan’ akan sangat dekat jaraknya.
Lantas apa selanjutnya ? Customer Satisfaction adalah selanjutnya. Service yang dilakukan sebuah perusahaan harus dapat mencapai apa yang dinamakan Customer Satisfaction. Sebagus apapun sebuah service, direncanakan sedetail apapun atau menggunakan konsultan pemasaran yang paling handal sekalipun tanpa mencapai apa yang dianamakan customer satisfaction, hal tersebut adalah sia-sia. Perusahaan Anda hanya mendapatkan pepesan kosong dengan harga yang sangat mahal, tentunya karena service bukanlah suatu hal yang murah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: