Berbagi pengalaman

Tempo hari aku dapat undangan … resepsi pernikahan temanku SD, SMP … ketika aku buka undangannya yang berbentuk kubus … yang aku temukan adalah sebuah Blue-Ray disc … WHAT ???? … gimana aku mau muter niy ?? … setelah aku teliti lagi, di balik kubusnya ada tulisan-tulisan yang mengatakan bahwa pernikahan sudah dilangsungkan 1 bulan yang lalu, dan hari minggu besok tinggal resepsinya saja, dan semua itu berlangsung di Singapore. Dengan undangan yang terbatas, disediakan tiket PP … wah kalo nurutin kata hati ya pengen berangkat, tapi apa daya, disamping banyaknya kesibukan, kebetulan sekali Paspor-ku habis tgl 10 bulan lalu dan belum aku urus lagi, karena blm kepikiran untuk trip ke luar spt dulu-dulu ketika banyak job di luar.

Sebenarnya yang ingin aku bagi pengalaman di sini adalah mengenai temanku yang sedang berbahagia. Dulu ketika kelas 3 SD (kira-kira tahun 1982), dialah orang pertama yang mengenalkan aku kepada computer. Takjub sekali aku saat itu melihat bentuk televisi yang bisa dipakai untuk mengetik … hehehehe … katro ya ? … tapi ya emang sejak itu aku mulai sering bertanya dan melihat apa aja yang dikerjakan oleh keluarga temanku itu terhadap sang computer. Dari satu keluarga, hanya sang ibunda saja yang tidak terlalu fanatic … hihihi … dan pas aku kelas 5 SD, dari 6 orang anggota keluarganya (temanku anak bontot), ada 5 komputer di keluarga tersebut. Berarti satu orang satu computer ya ? … betul sekali, tetapi ternyata ga seperti itu yang aku lihat … ada 3 komputer yang ga pernah ditutupin casing dan selalu disertai berserakannya kabel-kabel. Ternyata setelah aku paham belakangan, yang saat itu dilakukan oleh keluarga temanku adalah melakukan Trouble Shooting, dan setting Jaringan !! dan setelah aku juga paham belakangan, OS yang digunakan saat itu adalah Windows 1.0 dan Windows 2.0 … Sedangkan aku sendiri baru punya kompri (komputer pribadi) sejak OS-nya sudah Windows 95 ! lumayan tertinggal jauh ya … tapi gpp lah daripada ga sama sekali …

Pada saat kelas 6 , aku ingat sekali, temanku saat itu benerin dan nyettingin komputer di kantor-kantor, termasuk kantor almarhum orangtuaku. Kelas 6 SD !!! … bayangin dengan kurikulum sekarang yang untuk kelas 6 SD masih mulai diajarin Office Introduction ! … Dan yang bikin aku tambah pengen untuk mengikuti jejaknya adalah ketika duduk di bangku SMP, temanku sudah banyak sekali mengoperasikan software-software seperti AutoCAD, Photoshop, 3D Max, Corel, dan bbrp software programming … Pusing kepalaku ketika ingat semua itu, dan akhirnya ketika aku mengambil sertifikasi Adobe di tahun 2001, baru aku paham apa yang dikerjakan dulu ketika SMP oleh temanku tersebut. Dia selalu bbrp langkah di depan. Dan banyak sekali kegiatan yang diikutinya yang berkaitan dengan komputer. Termasuk ketika SMA sempat memberikan kursus AutoCAD dan 3D Max. Meskipun SMA udah ga bareng lagi, ketemu lagi di saat kuliah, kelar kuliah ga tau lagi karena aku kelar duluan. Dan tiba-tiba dapet undangan di Singapore … kaget juga aku … hehehehe … memang roda akan selalu berputar.

Rekan-rekan, berikut aku sisipin email yang aku dapet tadi pagi dari Singapore :

“ … jangan pernah merasa puas dengan hanya satu atau dua software saja, meskipun satu atau dua software itu yang kita kuasai. Sekarang sebutkan software desain apa yang belum aku sentuh Nu ? … semua software 3D aku kuasai luar dalam mulai dari 3D Max, Lightwave, Maya, Cinema 4D, Rhinocerros, dan lainnya … AutoCAD, Revit, Sketchup, dan lainnya … belum untuk yang bangsa Photoshop, Flash, Corel, Director, aku bisa semua Nu … hehehe padahal di kerjaanku yang sehari-harinya aku gunakan hanya Photoshop, Flash, Dreamweaver, Fireworks … ya 80% itu aja Nu … satu pesenku, jangan pernah merasa bosan dengan kmoputer, dengan software-software terbaru dan terasing bagi kita … cobalah semua software … niscaya jika keberuntungan berpihak Nu, kita bisa nunggang Ferrari seperti aku … so, kodokmu tinggal aja di museum … hahahahaha …

Ya … intinya adalah jangan pernah merasa puas dengan apa yang sudah kita pelajari hari ini.

Leave a Reply

