Sweeping

Ketika pertama kali mendengarnya, pasti yang pertama kali ada adalah sumpah serapah … 🙂 dan mari kita bertaruh bahwa yang melakukan sweeping door to door juga tidak menggunakan legal software … hayo mengaku bapak-bapak tukang sweeping … ataukah sudah ada perlindungan khusus terhadap para tukang sweeping ? ya who knowslah kalo gitu, yang pasti roda perekonomian di keluarga-keluarga yang selama ini mengandalkan ‘ilegal’ software sedikit terganggu.
Baiklah, lepas dari sumpah serapah tadi, secara hakiki memang kita salah telah menggunakan illegal software. Tetapi kondisi-kondisi di sekeliling kitalah yang mendorong kita melakukan itu, padahal dengan maksud yang pasti bahwa kita tidak lebih mencari tambahan suapan nasi. Kita bukan orang-orang berdasi yang makmur …:) dan kejadian akhir-akhir sungguh memprihatinkan. Dengan tidak menutupi kesalahan kita, seharusnya orang-orang berdasi dan yang mempunyai kuasa mengajarkan tentang masalah-masalah HAKI, bukannya malah ikut menggunakan dan ketika ada masa sweeping, ikutan melakukan sweeping demi menutupi kesalahannya sendiri.
Sore itu di sebelah rumah tinggal-ku, punya usaha jual beli handphone dan isi ringtone, dsb. Nah sore kemaren terjadilah kejadian itu, ada 4 orang bapak-bapak yang rapi jali mendatangi rumahnya. Setelah melihat-lihat computer beserta isinya, terjadi tarik ulur tawar menawar, yang pada akhirnya tetangga saya kalah dan komputernya di bawa. Kasian sekali, dan seharusnya yang melakukan sweeping besok-besok harus dibekali dengan pengetahuan tentang computer dan segala isinya. Mana ada kita menggunakan ‘ilegal’ software tetapi yang dibawa adalah computer lengkap sampai ke monitornya ? … bodoh sekali ya ternyata … :):) akhirnya saya berpikir justru seharusnya saya merasa kasian terhadap orang-orang yang melakukan sweeping. Yang tidak bisa membedakan mana software legal, mana yang freeware, shareware ? … hahahaha … emang kaco sekali kondisi lingkungan kita ini … ga ada yang bener …
Mungkin kita mulai berpikir untuk berpindah ke Open Source, tetapi apakah itu merupakan salah satu jalan keluar terbaik ? … saya pikir juga tidak karena program-program yang selama ini kita jalankan di platform yang non Open Source, banyak yang tidak available di Open Source, sedangkan jika kita kudu membeli legal softwarenya … alamak duit dari mana coba, karena gaji 10 tahun juga masih kalah jauh dengan pesangon orang-orang berdasi … hahahaha … ayo donk bapak-bapak berdasi mulai memikirkan kondisi ini, jangan seenaknya saja main sweeping. Sekali waktu gentian kita sweeping berani ? … pasti berani lah karena nebusnya juga pasti gampang kok ato beli lagi juga mudah khan ? … hahahaha jangan marah loh, karena disadari ato tidak seluruh lapisan masyarakat kita sebagian besar pasti melakukan praktek ‘ilegal software’.
Yang terpenting sekarang, marilah bersama-sama kita perbaiki kondisi ini, jika perlu yang paling utama adalah perbaikan ekonomi supaya praktik-praktik menggunakan illegal software bisa diminimalisasi. OKE ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: